7 Solusi Untuk Menuju Sarjana

Sarjana






Assalaamu'alaikum-, Sarjana adalah title mahasiswa/i yang menempuh pendidikan S1. Pendidikan tersebut sangat bermacam-macam, ada yang dari fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Kip, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, dan lain sebagainya. Setelah mahasiswa/i menyelesaikan pendidikan dimasing-masing fakultas tersebut maka makasiswa/i mendapatkan gelar sesuai jalur pendidikan yang ditempuh nya.

Namun kali kita bukan membahas tentang gelar-gelar. Karena sesuai dengan judul nya Solusi untuk menuju sarjana, maka kita akan membahas masalah tersebut. Seperti yang kita ketahui, jalan untuk menuju sarjana tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. Banyak rintangan yang menghadang, jalan terjal mendaki dan menurun, serta tikungan tajam selalu didepan kita. "puitis banget sih" ...hehe

Masalah-masalah yang ada dibawah ini sebagian besar dirasakan oleh mahasiswa tingkat akhir, yaitu ketika menyelesaikan skripsi. Namun bagaimana caranya untuk mengatasi masalah-masalah yang ada agar kita bisa dengan cepat dan tepat waktu untuk selesai pada target yang di inginkan?  mari simak beberapa solusi yang mungkin bisa anda terapkan.

1. Jangan menunda untuk mengerjakan

Langkah pertama untuk menyelesaikan skripsi adalah dengan memulai mengerjakan. Kita tau bahwa memulai adalah masalah yang sangat miris yang ada di otak kita. Hal ini membutuhkan niat dan motivasi yang amat kuat. Biasanya kita sangat malas membuka laptop, maupun buku referensi. Maka dari itu saran saya duduk tenang, dan pejamkan mata lalu rasakan aliran darah yang mengalir ke otak mu. Kemudian banyangkan kamu memiliki kekuatan super untuk membuka laptop dan buku referensi yang kamu gunakan untuk mengerjakan skripsi. Setelah itu buka mata dan segeralah ambil laptop dan kerjakan skripsi kamu.
2. Buatlah Target Untuk Kamu Selesai dan Jangan Tunda

Pasti kamu pernah ada suatu saat dimana ada tugas kuliah, dan kamu mengerjakannya dengan sistem SKS "sistem kebut semalam". .yaitu mengerjakannya saat esok paginya tugas tersebut dikumpul. Ya!!  itu juga pernah saya rasakan.   Buatlah skripsi kamu seperti tugas-tugas kuliah kamu, anggaplah skripsi kamu esok hari harus diberi ke dosen pembimbing kamu untuk bimbingan maupun revisi. Dengan begitu kamu bisa lebih cepat untuk mengerjakannya. Satu hal lagi setelah kamu selesai bimbingan dengan dosen kamu, revisilah segera setelah sampai rumah, jangan tunda sampai lebih dari 11 jam. Dengan langsung mengerjakannya kamu masih sangat bisa mengingat apa yang diperintahkan dosen pembimbing kamu untuk merevisi apa yang harus direvisi.

Biasanya para mahasiswa/i selalu mengeluh bahkan mengerutu dalam hati jika waktu mau bimbingan tidak bertemu dengan dosen atau susah menemui dosen. Biasanya ada juga dosen ingin menguji kita. Contohnya; 
M: Bu apakah kita bisa bimbingan hai ini? 
D: Bisa, tapi nanti ya tunggu ibu selesai mengajar.
M: Ok bu, "menungu dari pagi sampai sore" akhirnya dosen pembimbing datang.
D: Eh maaf ya ibu lagi ada acara, bimbingan nya minggu depan saja.
M: (%&%*^#868
             
Hal ini sangatlah wajar bagi mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Semua yang dilakukan dosen ada baiknya juga. Ini mengajarkan kamu untuk bersabar. Tidak hanya sekarang, tapi juga untuk masa depan "saat kamu sudah bekerja dan berumah tangga" saat itu kamu lebih paham masalah sabar, karena sudah di gembleng saat skripsi. Oleh karena itu janganlah mengeluh.

4. Sering Kekampus

Jangan kamu kekampus hanya karena kamu ada jadwal untuk bimbingan skripsi, walalupun tidak ada bimbingan saran saya tetaplah kekampus. Kerjakan hal lain yang ada dikampus seperti ke perpustakaan mencari buku referensi, menemui pacar, internetan dengan wifi gratis dikampus (TS banget :D)  ngumpul dengan Dengan kekampus kamu bisa berbicara dengan teman-teman, bercerita, bercanda. dengan ini kamu bisa yang panas karena skripsi. 

5. Refreshing

Apabila pikiran kamu terasa jenuh atau terbebani berlebihan akibat mengerjakan skripsi, sempatkan diri untuk melakukan refreshing. Lakukanlah hobi yang kamu sukai seperti menonton bioskop bersama teman, olahraga seperti main futsal, internetan. untuk melepas penat sehingga setelahnya kamu dapat kembali berkutat dengan buku-buku dan berhadapan dengan komputer dalam keadaan segar.

6. Sugesti

Tanamkan sugesti atau pikiran bahwasanya "yang lain bisa lulus kenapa saya tidak, padahal sama-sama mengerjakan skripsi".
  Tentunya banyak teman-teman kamu atau senior-senior kamu bahkan yang lebih parah lagi adik kelas kamu sudah lulus dan wisuda. Maka dari itu tanamkan sugesti tersebut di otak kanan kamu agar setiap hari kamu mendapatkakn motivasi dari diri kamu sendiri untuk cepat mengerjakan revisi-revisi kamu.

7. Do'a

Tuhanlah yang mengatur semuanya. Jangan terlalu galau dan mengingat skripsi. Maka dari itu ingatlah Alloh. Bagi yang muslim jangan tinggalkan sholat lima waktu dan berdo'a. Kemudia mintalah Do'a kepada orang tua, karena Do'a orang tua itu sangat mustajab."pengalaman".




Demikianlah Solusi untuk kamu agar bisa cepat dan selesai mengerjakan skripsi.
Selesainya skripsi bukan karena apa-apa melainkan kamu sendiri yang menyelesaikannya.




Keyword: Skripsi, Sarjana, Wisuda, Pendidikan



No comments:

Tulis Komentar di sini :)

 
Contact usCreated By Anas
Copyright © 2015 Multimedia